JAKARTA | Jacindonews – Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, selaku penyelenggara latihan memimpin pelaksanaan Apel Gelar Kesiapan Pasukan Latgabma Super Garuda Shield 2022 di Dermaga JICT Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (26/7/2022)

Tujuan latihan ini untuk mengetahui sampai sejauh mana kesiapan personel dan materiil, sebelum manuver lapangan pada Latgabma Super Garuda Shield 2022 dilaksanakan dan berharap latihan ini berjalan lancar, sesuai dengan yang telah direncanakan.

Pangkoarmada I dalam amanatnya menyampaikan Manuver lapangan pada Latgabma Super Garuda Shield 2022 ini, akan dilaksanakan selama 20 Hari, dimulai dari Linla dari Pangkalan sampai dengan Manuver di Daerah Latihan yaitu Perairan Bintan dan Perairan Dabo Singkep.

Materi Yang Akan Dilatihkan Adalah Sebagai Berikut ; Pertama, Kerja Sama Taktis Antara Unsur-Unsur Permukaan Dan Udara Pada Saat Pelaksanaan Cooperatif Deployment/Passex Dan Antara Unsur Marinir Dengan Us Meu.

Kedua, Kerja Sama Taktis Antara Unsur-Unsur Dalam Melaksanakan Maritime Operation Khususnya Pada Kegiatan Latihan Maritime Interdiction Operation (MIO) Yang Disesuaikan Dengan Situasi Pandemi Covid-19

Ketiga, Latihan Komunikasi (COMEX), Latihan Manuver Taktis (MANEX), Photoex, Latihan Pencarian Dan Pertolongan Kepada Orang Jatuh Di Laut (SAREX dan MOBEX), Mioex (VBSS), Gunex (NGS), Dan Amphibiex.

Manuver lapangan pada latihan ini, akan diikuti oleh pelaku latihan yaitu TNI AL terdiri atas KRI Bung Tomo-357, KRI Fran Kaisepo-368, KRI John Lie-358, KRI Makassar-590, 1 Heli AKS Panther HS-1311, 5 LVT-7 Kormar dan 1 Kompi Infanteri Mekanis serta 2 Tim Taifib. 

TNI AU terdiri dari 4 Personel JTAC Kopasgat, 2 F-16 Lanud Roesmin Nurjanin Pekanbaru, 1 Boeing-737 Maritime Patrol Lanud Hasanuddin, Makasar. 

Us Indo-Pacom melibatkan USS Charleston (LCS-18), USS Green Bay (LPD-20), 1 P-8 Poseidon, 2 LCAC Serta 1 Pleton Amphibios Recon. 

RSN terdiri dari RSS Supreme dan RSS Resolution.

(Dispen Koarmada I/LI)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *