JAKARTA | JacindoNews – Jumat (25/10/2024), pukul 18.30 WIB, bertempat di Hotel Diradja, jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, diadakan acara Pentupan Kelas Pendidikan Khusus Profesi Advokat atau PKPA tahun Anggaran 2024.

Kelas PKPA terselenggara atas kerjasama DPC Peradi Jakarta Barat, Polda Metro Jaya dan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya atau Ubhara Jaya. PKPA berlangsung dari tanggal 21 hingga 25 Oktober 2024.

Hadir antara lain Brigjen. Pol. (Purn) Dr.H.Syahrir Kuba, S.Sos, SIK, MM, MH. (Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Ubhara Jaya), Ketua DPC Peradi Jakarta Barat, Dr. Suhendra Asido Hutabarat, S.H., S.E., M.M., M.H., Kabidkum Polda Metro Jaya Kombes Pol. Leonardus Simarmata, S.Sos, S.I.K., M.H.,M.Han.

Dalam kata sambutannya, Brigjen. Pol. (Purn) Dr.H.Syahrir Kuba, S.Sos, SIK, MM, MH. (Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Ubhara Jaya) mengatakan bahwa Seorang Advokat adalah profesi yang harus menjaga integritas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas dibidang hukum. “Saya senang dan bangga rekan-rekan polri mau belajar melalui PKPA ini guna mempersiapkan diri setelah nanti selesai atau purna dari kepolisian RI, bisa berprofesi sebagai Advokat, dengan lulus dari PKPA, lulus UPA dan disumpah sebagai Advokat jika sudah memasuki masa purna dari kepolisian. Maka dengan menjalankan dengan baik kelas PKPA ini, bisa menjadi bekal saudara kedepannya. PKPA memberikan bekal pengetahuan hukum, keterampilan hukum yang diterima oleh calon Advokat sehingga nantinya menjadi Advokat yang profesional. Keterampilan hukum yang harus dimiliki diantaranya:
1. Ketrampilan menerapkan hukum yang positif dan juga pelayanan hukum kepada masyarakat.
2. Kemampuan untuk menyelesaikan masalah hukum dan menjalankan tugas advokat secara profesional.
3. Mampu menerapkan pemikiran hukum secara yuridis dalam menyelesaikan masalah hukum., ” ujarnya.

Para peserta PKPA tahun angkatan 2024 Polda Metro Jaya.

Ketua DPC Peradi Jakarta Barat, Dr. Suhendra Asido Hutabarat, S.H., S.E., M.M., M.H., mengatakan, “Kami sangat bangga atas kerjasama ini antara DPC Peradi Jakarta Barat, Polda Metro Jaya dan Ubhara Jaya. Selama kepengurusan kami sebagai pengurus DPC Peradi Jakarta Barat dalam kurun 3 (tiga) tahun ini, sudah lebih 5000 peserta PKPA yang lulus dan sudah disumpah menjadi Advokat. Tentunya hal tersebut menjadi dasar komitmen dan kepercayaan buat kami untuk terus mengadakan kelas PKPA. Kami juga terus menghadirkan para pemateri yang berkualitas dan berkompeten dalam memberi materi hukum dalam kelas PKPA yang kami adakan selama ini, ” pungkasnya.

Kata sambutan terakhir dan sekaligus menutup kelas PKPA angkatan tahun 2024, Kabidkum Polda Metro Jaya Kombes Pol. Leonardus Simarmata, S.Sos, S.I.K., M.H.,M.Han., mengatakan, “Peserta PKPA tahun angkatan 2024 diikuti sebanyak 50 peserta yang berasal dari dinas kerja wilayah Polres di wilayah Polda Metro Jaya. PPara peserta juga sudah menerima materi dari para pemateri dari lembaga hukum negara, praktisi hukum dan akademisi hukum yang berkompeten dibidangnya. Saya mengucapkan selamat dan berterima kasih kepada DPC Peradi Jakarta Barat dan Ubhara Jaya yang telah mendukung terlaksana nya kelas PKPA selama ini yang diselenggarakan kerjasama Polda Metro Jaya. PKPA ini dilaksanakan untuk mendukung tugas Polri ddan meningkatkan SDM Polri yang Presisi. Diharapkan kerjasama ini terus berlangsung, bukan saja di PKPA, namun dibidang lain untuk membantu dan mendukung tugas Polri untuk membangun sinergitas dan kerjasama dengan Peradi. Dengan ini saya mewakili dari Polda Metro Jaya, menutup kelas PKPA tahun anggaran 2024,” ujar Kombes Pol. Leonardus Simarmata menutup kata sambutan seraya menutup pelaksanaan kelas PKPA untuk tahun anggaran 2024. (JN).

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *