Jacindonews | Aceh Utara – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Lhokseumawe menggelar Bhakti kesehatan berupa donor darah dan khitanan massal yang dilaksanakan di atas Kapal Angkatan Laut (KAL) Bireuen I-1-70, yang sandar di Dermaga Pelabuhan Krueng Geukuh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Selasa (6/09/2022).

Dalam sambutannya, Komandan Lanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah menyampaikan sesuai perintah Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, seluruh jajaran Pangkalan TNI Angkatan Laut yang ada di Indonesia agar melaksanakan Bhakti Kesehatan berupa kegiatan donor darah, khitanan, pembersihan plak dan karang gigi yang dilaksanakan Faskes TNI AL dan diatas Kapal Perang Republik Indonesia (KRI)/ Kapal Angkatan Laut (KAL).

Bhakti kesehatan dilaksanakan secara
serentak di seluruh Pangkalan TNI Angkatan Laut se-Indonesia disaksikan langsung secara Virtual oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, dan menyampaikan pesan agar masing-masing satuan/Pangkalan TNI AL penyelenggara bhakti kesehatan bekerja dengan maksimal dan melayani masyarakat dengan sepenuh hati, agar kehadiran TNI AL dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di seluruh Indonesia.

Donor darah dan khitanan massal ini merupakan wujud bhakti sosial bidang kesehatan TNI Angkatan Laut sebagai bentuk peningkatan pelayanan kesehatan. Diharapkan dalam pelaksanaan donor darah dan khitanan massal ini bisa membantu masyarakat yang membutuhkan transfusi darah dan khitan.

Ini merupakan bentuk kepedulian sosial dari prajurit TNI AL Lhokseumawe, Kipan B Yonko 469 Kopasgat, Den Arhanud-001/CSBY, Polres Lhokseumawe, Kodim 0103/Aut, Satradar TNI AU 231, Satbrimobda Den B Jeulikat, Pertamina PHE NSO, Satgas SAR, Jalasenastri Cabang 6 Korcab I DJA I, serta kalangan masyarakat setempat mengantisipasi kekurangan stok darah yang ada di PMI Aceh Utara.

Kolonel Dian juga berterima kasih kepada pimpinan TNI, Polri, kepala pemerintahan dan Stageholder yang ada di Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe yang telah mengirimkan personilnya serta masyarakat setempat yang bersedia mendonorkan darahnya untuk memenuhi kebutuhan stok darah di Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI Aceh Utara yang saat ini sangat berkurang.

Bhakti kesehatan yang dilakukan di Kapal Angkatan Laut (KAL) Bireuen I-1-70 tersebut, merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) TNI-AL ke-77 yang jatuh pada tanggal 10 September 2022.

Balai Pengobatan Lanal Lhokseumawe menerjunkan 5 (lima) personil Tenaga Medis yang dipimpin oleh Letda Laut (K) dr. Racha Suhendra juga selaku koordinator, dibantu 5 (lima) orang tenaga kesehatan dari Puskesmas Kec. Dewantara dan 10 orang dari PMI Aceh Utara dikerahkan untuk mendukung kegiatan Bhakti Kesehatan TNI AL, berhasil mengumpulkan 93 kantong darah dan 3 (tiga) anak yang mengikuti Khitanan massal.

Lebih lanjut disampaikan bahwa selain Bhakti kesehatan, Lanal Lhokseumawe juga akan melaksanakan berbagai kegiatan lainnya yakni Program Laut Bersih, Ziarah, Program Ketahanan Pangan, Nobar (Nonton Bareng) Tayangan Perdana Film Bintang Samudera, Water Trapen. Serta 3 (tiga) Pangkalan TNI Angkatan Laut yang ada di Aceh (Lanal Sabang, Lanal Lhokseumawe dan Lanal Simeulue) akan bekerja sama dalam pelaksanaan Navy Fun Run 7,7 Kilometer yang dilaksanakan di Kota Sabang dan Acara Puncak HUT TNI Angkatan Laut akan diselenggarakan pada tanggal 12 September 2022.

Kegiatan yang dilaksanakan merupakan salah satu wujud implementasi dari Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yakni jalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan. Sebagai Prajurit Jalasena harus berguna/bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Turut hadir dalam kegiatan Bhakti Kesehatan Danlanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah, Palaksa Lanal Lhokseumawe Letkol Laut (KH) Irfan Hasibuan, Dankipan B Yonko 469 Kopasgat Kapten Pas Agil Gumilar, Perwira Staf Lanal Lhokseumawe, Camat Dewantara Bapak Nawafil Mahyudha, Kapolsek Dewantara Iptu Subihan Afuan, Pasiintel Den Arhanud 001/CSBY Letda Arh Aqil, Ipda Pol Asep Satbrimobda Den B Lhokseumawe, Ketua BFLF (Blood For Life Foundation) Lhokseumawe-Aceh Utara Ibu Mutia Sari, Kades Tambun Tunong Bapak Murdani.

(Pen Lanal Lhokaeumawe/LI)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *