JAKARTA | JacindoNews – Bertepatan dengan perayaan hari Kemerdekaan RI ke 76, Selasa (17/08/2021), Pemda DKI Jakarta meresmikan Kampung Susun Bahari Akuarium Tahap 1 yang berlokasi di Pasar Ikan, Sunda Kelapa, Jakarta Utara.

Warga Kampung Akuarium, Jakarta Utara, ditargetkan sudah bisa menempati Tower B dan Tower D Kampung Susun Akuarium pada Agustus 2021. Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggusur Kampung Akuarium pada 2016 lalu dan mulai membangun Rumah Susun “Kampung Susun Bahari Akuarium.” Kampung tersebut merupakan program Kampung Prioritas DKI Jakarta. Kampung Prioritas merupakan program penataan kampung pada beberapa titik daerah yang menjadi prioritas pembangunan Pemprov DKI Jakarta. Kampung yang dimaksudkan di sini merupakan bentuk dari kampung kota yang merupakan pemukiman yang ada di daerah urban, namun memiliki karakter kehidupan sosial yang kental dalam komunitas dan kehidupan sehari-hari.

Kampung Susun Akuarium Tahap pertama.

Kampung kota ini merupakan bentuk permukiman unik di kota besar Jakarta, khususnya daerah Penjaringan, Jakarta Utara.

Acara peresmian diadakan pada pukul 15.00 WIB sore. Hadir dalam acara peresmian tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Gubernur DKI JAKARTA A. Riza Patria dan segenap jajaran pejabat Pemda DKI JAKARTA, pihak pembangunan Kampung Susun Akuarium serta warga yang akan menempati rusun tersebut. Tiba di lokasi, Gubernur Anies langsung meninjau lokasi Rumah Susun dari lantai dasar menuju ke lantai atas. Rumah Susun Akuarium berdiri dengan 5 (Lima) lantai.

Gubernur DKI JAKARTA Anies Baswedan memberikan kata sambutannya di acara peresmian Kampung Susun Akuarium Tahap 1.

Dalam kata sambutannya, Gubernur Anies mengatakan bahwa perjuangan warga sejak digusurnya kampung Akuarium 2016 sampai sekarang pada akhirnya terwujud dalam Kampung Susan Akuarium pada tahun 2021 ini. “Selama 5 tahun perjuangan, warga akhirnya bisa kembali ke Kampung Akuarium. Saya sangat menghargai dan bang bang kepada Warga dengan sabar terus menunggu dan pada akhirnya bisa menempati kembali lahan di Kampung Susun Akuarium ini. Harapan saya, semoga warga bisa kembali ke kehidupan normal seperti dahulu dan terus membangun kembali tatanan kehidupan di lingkungan ini dengan gedung hunian yang baru di tempat ini, “ujar Anies.

Kemudian secara simbolis Gubernur DKI JAKARTA memberikan kunci serah terima kepada warga sebagai tanda warga sudah bisa menempati Rusun yang telah selesai tahap pertama. Tahap kedua terus dikerjakan agar segera rampung dan warga bisa kembali menempati Kampung Akuarium seperti sediakala. (JN/RK).

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *