JAKARTA, Jacindonews – Sebagai kota Metropolitan, Jakarta juga tidak bisa melepaskan diri dari sejarah perjuangan dan budaya Betawi. Salah satu budaya Betawi yang kerap hadir dalam acara resepsi pernikahan adalah ‘Palang Pintu’.

Palang Pintu biasa dilakukan dalam menyambut calon kedatanga mempelai pria menjelang pernikahan. Disamping berbalas pantun, Palang Pintu juga menampilkan atraksi seni bela diri silat betawi.

Namun atraksi silat ini walaupun dilakukan dengan serius dan penuh semangat sekaligus canda, pemenangnya dapat dipastikan adalah dari pihak mempelai pria. Karena dengan kemenangan tersebut pihak mempelai pria baru bisa dan diperkenankan memasuki kediaman pihak mempelai wanita untuk disuntingnya.

Bang Jampang selaku pimpinan padepokan dan sanggar “Si Jampang Muda” dari Rawa Buaya Cengkareng Jakarta Barat, ungkapkan rasa suka bahagianya.

“Ane seneng dan bersyukur sekaligus bahagia karena masih banyak orang-orang betawi yang masih sangat mencintai budayanya” ungkap Bang Jampang saat ditemui disela-sela acara, Minggu (09/01/2022).

Kelompok Palang Pintu, yang tampil pada acara resepsi pernikahan Mas Pipih dengan Neng Rika yang diselenggarakan di Kelingkit, Rawa Buaya Jakarta Barat ini menampilkan 2 kelompok yang berbalas pantun dan berkelahi dengan atraksi silat betawi.

“Ane bersyukur bisa menjadi bagian dari anak-anak betawi yang bisa memelihara budaya betawi”

“Semoga kite sesama anak betawi bisa terus memelihara dan menjaga sekaligus mengembangkan dan mempertahankan budaya betawi” pungkas Bang Jampang. (LI)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *