Palembang | Jacindonews – Binpotmar Karang Agung, Lanal Palembang melaksanakan SAR terhadap MS Sinar Maju yang mengalami kebakaran di Perairan Sungai Lalan P. 11 Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin, Rabu (01/06/2022).

MS Sinar maju ini bermuatan 1.695 tabung gas ukuran 3 kg, dengan kondisi tabung gas dalam keadaan kosong. MS Sinar maju bertolak dari P. 16 pada pukul 06.30 Wib dengan tujuan ke Sungai Lillin, dan saat melintasi Perairan P. 11 sekira pukul 07.05 Wib, MS Sinar maju mengalami konsleting listrik yang menimbulkan percikan api ke mesin dan saat itu api membesar dengan cepat dan tidak dapat dipadamkan.

Binpotmar Karang Agung Pelda Bek Sinarpa yang melihat adanya kepulan asap beserta api di MS Sinar maju segera mendatangi MS Sinar Maju dan melakukan aksi penyelamatan serta mengevakuasi ABK MS Sinar maju yang berjumlah 4 orang yaitu Sdr. Herman 50 Tahun (Nakhoda), Sdr. Virliansyah 28 Tahun (ABK), Sdr. Heri 21 Tahun (ABK), dan Sdr. Yuli 32 Tahun (ABK) ke Pos Binpotmar Karang Agung.

Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa ataupun luka bakar yang dialami ABK MS Sinar Maju, dan pada pukul 08.30 Wib api telah berhasil  dipadamkan, namun MS Sinar maju akhirnya tenggelam di Perairan P. 13 Sungai Lalan Kabupaten Musi Banyuasin.

Terkait insiden tersebut, Komandan Lanal Palembang Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko, S.E., M.Tr. Hanla.,
memberikan pernyataan “Turut prihatin atas musibah kebakaran yang menimpa MS Sinar Maju, namun kita patut bersyukur bahwa kejadian tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa maupun luka luka, dan ucapan terima kasih serta apresiasi yang tinggi kepada Anggota Binpotmar Karang Agung atas reaksi yang cepat dalam memberikan pertolongan  dan membantu Evakuasi terhadap ABK MS Sinar Maju,” ujar Komandan Lanal Palembang.

Semua tindakan yang dilakukan ini merupakan implementasi dari perintah harian dari Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E, M.M., bahwa TNI AL harus memberikan kerja nyata yang bermanfaat terhadap masyarakat, bangsa dan negara.

(Pen Lanal Palembang/LI)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *