JAKARTA, JNews – Menyambut Hari Ulang Tahun TNI yang ke 78, TNI menggelar gladi bersih perayaan HUT ke-78 tersebut di silang Monas, Jakarta. Panglima TNI Laksamana Yudo Margono didampingi kepala staf Angkatan hadir di Silang Monas, Jakarta Pusat pada Selasa (03/10/2023).

Berdasarkan pantauan awak media, Panglima Yudo bersama dengan Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali, dan Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo tiba pada pukul 07.50 WIB. Panglima Yudo pun langsung menuju tempat yang akan menjadi mimbar upacara.

Saat gladi bersih, terlihat pasukan TNI berbaris dan berlatih tahapan upacara HUT ke-78. Di lokasi juga terlihat Alutsista BMP 3F jenis tank, yang nantinya digunakan Presiden RI Joko Widodo untuk berkeliling mengecek seluruh pasukan.

Selain itu, berbagai alutsista milik TNI nampak terlihat di Silang Monas. Kendaraan tempur tersebut dihadirkan untuk meramaikan gelaran geladi bersih HUT ke-78 TNI.

Diketahui, kekuatan Pasukan Upacara Parade nantinya terdiri dari Kelompok Panji-Panji, 1 Brigade Gabungan (1 Yon POM, 1 Yon Wan TNI dan 1 Yon Taruna Akademi TNI), 1 Brigade TNI AD, 1 Brigade TNI AL, 1 Brigade TNI AU, 1 Yon Gabungan Komcad dan Komduk dan Satsik.

Sedangkan kekuatan untuk Defile Pasukan dan Alutsista terdiri dari 1 Yon Drumband gabungan Taruna Akademi TNI, Kelompok Panji-Panji, 1 Brigade Gabungan (1 Yon POM, 1 Yon Wan TNI dan 1 Yon Taruna Akademi TNI), 1 Brigade TNI, 1 Brigade TNI AD 1 Brigade TNI AL, 1 Brigade TNI AU, 1 Yon Gabungan Komcad dan Komduk, 1 Kompi Pasukan Teatrical dan pok Pers Veteran (naik kendaraan).

Diketahui bahwa hari ini adalah H-2 perayaan HUT ke-78 TNI, yang tiap tahunnya jatuh pada 5 Oktober. Sejumlah persiapan untuk menyambut puncak acarapun sudah dilakukan sejak seminggu yang lalu. *(LI)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *