JAKARTA | Jacindonews – Kamis (02/11/2023). Konferensi Pers mengenai persiapan Malam Anugerah Festival Film Indonesia (FFI) 2023 dilaksanakan pukul 15.30 wib hingga selesai, bertempat di Gedung Ki Hajar Dewantara (Gedung A) Kemendikbudristek RI, Graha Utama, Lantai 3, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta.

Malam Anugerah piala Citra Festival Film Indonesa (FFI) 2023 akan berlangung pada 14 November 2023 di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta pada pukul 19.00 WIB. Malam Anugerah FFI 2023 akan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube dan lnstagram Festival Film Indonesia.

Hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut konferensi pers tersebut, Ahmad Mahendra (Direktur Perfilman, Musik dan Media Baru Kemendikbud), Reza Rahadian (Ketua Umum FFI 2021-2023) dan Garin Nugroho (Komite Bidang Penjurian FFI 2021-2023).

Ahmad Mahendra,”Mengapresiasi setiap kerja keras dari persiapan Piala Citra Festival Film Indonesia 2023. Sudah ada pedoman dan usulan dalam mengelola FFI 2023. FFI tetap kita dukung sepenuhnya dan sharing pengetahuan mengenai perfilman, ” ujarnya.

Reza Rahardian,”Kami persiapan dari tahun 2021 hingga tahun ini 2023. Buat Saya ini perjalanan yang sangat luar biasa. Kami bekerjasama dengan Kemendikbud, badan perfilman Indonesia. Ditahun ini, tema “Citra” Karena kata ini sudah melekat, bukan saja hanya nama piala, menjadi image buat perfilman Indonesia. Kami berharap masyarakat terus terupdate mengenai piala Citra. Malam Anugerah akan diselenggarakan 14 November 2023.Semua insan film dan semua pihak mendukung acara ini. Tahun ini kami memaksimalkan setiap divisi sehingga bisa terselenggaranya FFI 2023. Apa ynag sudah kami siapkan dan kami buat draft tersebut. Saya berharap FFI tetap menjaga transparansi dan netralitas untuk dunia film Indonesia,” pungkasnya.

Garin Nugroho (Ketua Bidang Penjurian FFI 2023),”FFI di periode kita memasuki fase yang tidak mudah setelah Pandemi. FFI menjadi pelopor event public setelah era peralihan dari masa pendemi. Festival Film tentunya ditunjang dengan organisasi perfilman yang memang sesuai dengan tuntutan jaman dan undang-undang. Dasar penjurian merupakan tidak hanya mencapai tujuan, namun juga membangun ekosistem kembali Film Indonesia pasca Pandemi. Kita melakukan sistem yang berjenjang, dekati seleksi film dari asosiasi-asosiasi profesi seperti dari kameran, penulis, sutradara dan sebagainya. Kemudian dinilai oleh para akademisi perfilman. Terakhir proses penjurian yang dipilih dari orang-orang yang mewakili dari berbagai asosiasi-asosiasi yang ada. Cinema Indonesia bangkit sejak tahun 2022. Beberapa film Indonesia sudah mengikuti festival Film Internasional. Kita harapkan, tahun ini merupakan era baru bagi pengurus FFI periode berikutnya. Akan muncul era ekosistem film Indonesia yang baru. Mari kita rayakan malam Anugerah FFI 2023,” ujarnya.

Pada FFl 2023, terdapat Dewan Juri Akhir film Cerita Panjang yang beranggotakan Agni Ariatama, Andhy Pulung, Ekky Imanjaya, J B Kristanto, Raihaanun, Sekar Ayu Asmara, Shanty Harmayn, dan Yayu Unru. Para Dewan Juri Akhir (DJA) FFI 2023 mewakili dari berbagai unsur ekosistem Petilman muli dari produser, pemeran, kritikus, hingga akademisi.

Sementara umuk DJA iln Cerita Pendek adalah Nauval Yazid, B W Purba Negara, dan S. M Gietly Tambunan. DJA Film Dokumenter adalah Yuda Kurniawan Arifianto, Arfan Sabran sI, dan Yuli Andari Merdikaningtyas. DJA Film Animasi adalah Daryl Wilson, Adilya Triantoro, dan Wardana Riza, dan DJA Kritik Film adalah Anton Sutandio, IGAR Satrya Wibawa, dan Annisa Rachmatika Sari. Dewan Pengabdian Seumur Hidup intuk Filmn tahun ini terdiri dari Christine Hakim, J B. Krstanto, dan Slamet Rahardjo Djarot.

Malam Anugerah Piala Citra FFT 2023 akan semakin meriah dengan kehadiran dua musisi ternama. Mereka adalah Iwan Fals dan Rossa. Keduanya akan membawakan lagu hits mereka dan beberapa lagu nominasi kategori lagu tema terbaik FFI 2023. Keduanya tentu akan menghadirkan hiburan bagi tamu undangan maupun publik yang menonton melalui siaran langsung. (JN).

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *