JAKARTA | Jacindonews – Senin (27/11/2023), pukul 08.30 WIB, bertempat di hotel Diradja, jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, diadakan pembukaan kelas Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) Tahun Angkatan 2023 kerjasama Polda Metro Jaya, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya dan DPC Peradi Jakarta Barat.

Hadir dalam acara tersebut antara lain, Kombes Dr. Putu Putera Sadana, S.I.K., M.Hum., M.M. (Kabikum Polda Metro Jaya), Kombes. Pol. Nurkolis, S.I.K., M.Si. (Irwasda Polda Metro Jaya) yang mewakili Kapolda Metro Jaya, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Ubhara Jaya, Brigjen Polisi (Purn) Dr.H.Syahrir Kuba, S.Sos, SIK, MM, MH., dan advokat senior Prof. Dr. H. KRH. Henry Yosodiningrat, S.H., M.H. (perwakilan DPN Peradi), pihak kepolisian dari Polda Metro Jaya serta pengurus DPC Peradi Jakarta Barat.

Sesi foto bersama pembukaan pendidikan PKPA tahun anggaran 2023 kerjasama Polda Metro Jaya, DPC Peradi Jakarta Barat dan Ubhara Jaya.

Dalam sambutan pertama, Kombes Dr. Putu Putera Sadana, S.I.K., M.Hum., M.M. (Kabikum Polda Metro Jaya) mengatakan, “Saya ucapkan Terima Kasih kepada Tuhan yang Maha Esa dan semua pihak yang telah mendukung acara PKPA kerjasama Polda Metro Jaya, DPC Peradi Jakarta Barat dan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Sudah dua kali penyelenggaraan PKPA semasa saya menjabat sebagai kabidkum Polda Metro Jaya, tahun 2022 dan sekarang 2023. Terima Kasih DPC Peradi Jakarta Barat mendukung kami dalam meningkatkan kemampuan dibidang hukum. Kami sebagai pengemban penegakkan hukum, kegiatan ini bertujuan meningkatkan sumber daya Polri sekaligus menyatukan presepsi dan pemahaman, pelatihan hukum pagi personil kami di angkatan 2023 ini. Juga salah satu tujuan untuk mewujudkan tugas pokok Polri dalam melakukan pembinaan hukum nasional, dimana sebagai pengemban fungsi hukum di tingkat Polda Metro Jaya dan wilayah nya. Pelaksanaan kelas PKPA tahun anggaran 2023 bagi anggota Polri khusus nya dari Polda Metro Jaya dilakukan 1 (satu) minggu dari tanggal 27 November sampai 1 Desember 2023. Jumlah peserta kurang lebih 50 peserta. InsyaAllah dibawah dukungan Peradi, kita juga akan memperkuat dan pendukung program DPN Peradi kedepannya, ” ujarnya.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Ubhara Jaya, Brigjen Polisi (Purn) Dr.H.Syahrir Kuba, S.Sos, SIK, MM, MH., “Terima Kasih atas kerjasama selama ini dalam penyelenggaraan PKPA dengan Ubhara Jaya, Polda Metro Jaya dan DPC Peradi Jakarta Barat. Advokat adalah profesi yang memberikan jasa hukum baik didalam dan diluar pengadilan dan memenuhi persyaratan sesuatu Undang-Undang nomor 18 tahun 2003 Pasal 1 Angka 1. Yang dapat diangkat sebagai Advokat adalah sarjana yang lulus dari pendidikan tinggi hukum dan mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat yang dilaksanakan oleh organisasi Advokat. PKPA memberikan bekal pengetahuan hukum, keterampilan hukum yang diterima oleh calon Advokat sehingga nantinya menjadi Advokat yang profesional. Unbhara Jaya juga membuka kesempatan bagi para anggota Polri yang ingin mengambil gelar kesarjanaan di bidang hukum. Diharapkan kerjasama ini akan terus berlangsung dengan baik, ” jelasnya.

Kombes. Pol. Nurkolis, S.I.K., M.Si. (Irwasda Polda Metro Jaya) yang mewakili Kapolda Metro Jaya, menyampaikan pesan Kapolda Metro Jaya dalam acara pembukaan kelas PKPA tahun anggaran 2023.”Saya mewakili Polda Metro Jaya, memberikan kata sambutan dan bersyukur atas terselenggaranya dengan baik pendidikan PKPA tahun anggaran 2023, kerjasama Polda Metro Jaya, DPC Peradi Jakarta Barat dan Ubhara Jaya. Tugas pokok Polri yang telah diatur dalam pasal 13 Undang-Undang Nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia yang berbunyi “Tugas Pokok Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, sebagaimana diatur dalam pasal 16 ayat 1 huruf D Undang-Undang Nomor 2 tahun 2022, berbunyi Dalam Melaksanakan Tugas Pokok yang dimaksud dalam pasal 13, turut serta dalam pembinaan hukum nasional.

Maka dengan diadakan pendidikan PKPA tahun anggaran 2023 ini, sangat relevan dan bermanfaat untuk dilaksanakan agar menambah pengetahuan anggota Polri di bidang hukum. Mewakili Kapolda Metro Jaya, saya membuka kelas PKPA untuk tahun anggaran 2023, secara resmi dibuka, ” tukas Kombes (Pol) Nurkolis membuka kelas PKPA.

Sedangkan di kata sambutan penutup dari advokat senior Indonesia, Prof. Dr. H. KRH. Henry Yosodiningrat, S.H., M.H. , yang juga sebagai perwakilan DPN Peradi, berkata, “Saat ini melalui penyelenggaraan pendidikan PKPA tahun anggaran 2023 oleh Polda Metro Jaya, adanya peningkatan kualitas personil Polri dalam penegakkan hukum yang bekerjasama dengan advokat yang juga penegak hukum dalam undang-undang Advokat. Artinya kita harus memastikan bahwa hukum adalah panglima tertinggi keadilan. Kita masing-masing baik anggota Polri dan advokat memiliki sumpah masing-masing dengan satu tujuan untuk menegakkan hukum berdasarkan nurani dan akal budi, bukan berdasarkan perintah, hal inilah yang harus kita yakini dalam diri kita. Saya ucapkan terimakasih dengan Polda Metro Jaya bekerja sama dengan DPC Peradi Jakarta Barat dalam penyelenggaraan pendidikan PKPA ini, ” pungkas Advokat senior Hendri Yosodiningrat.

Ketua DPC PERADI Jakarta Barat Suhendra Asido Hutabarat yang sedang berada di Tokyo Jepang melalui sambungan telpon menyampaikan kepada media apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kapolda Metro Jaya dan Bidkum Polda Metro Jaya yang selalu memberikan kepercayaan kerja sama penyelenggaraan PKPA bagi para Polisi pada Polda Metro Jaya. “Penyelenggaraan ini adalah yang ketiga kali dalam periode kepengurusan kami. Memang PKPA PERADI Jakarta Barat sangat kami jaga kualitasnya dan kami bersyukur pemateri – pemateri yang menurut kami terbaik bersedia mengajar seperti Ketua Mahkamah Konstitusi, Hakim-Hakim Agung, Ketua-Ketua Pengadilan Tinggi, Hakim Tinggi, Advokat Senior, Akademisi, Pakar Hukum. Kami ingin PKPA PERADI dibawah kepemimpinan Ketua Umum PERADI Prof Otto Hasibuan harus berkualitas, ” ujarnya melalui sambungan telepon dari Tokyo, Jepang.

Setelah acara kata sambutan, kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian cindera mata penghargaan bagi masing-masing pihak dari Polda Metro Jaya, DPC Peradi Jakarta Barat dan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Kemudian acara diakhiri dengan foto bersama. (JN).

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *