JAKARTA, Jacindonews – MUSDA MUI Provinsi DKI Jakarta digelar hari ini 5-6 November 2023 di Balai Kota DKI Jakarta & Grand Cempaka Resort And Convention Bogor. Gelaran MUSDA kali ini mengusung tema “Membumikan Musyawarah Daerah Yang Bermartabat Dan Bersyariat”

Usni Hasanudin melihat bahwa hajat Ulama Jakarta bukan saja forum silaturahmi antar ulama tetapi merumuskan fatwa yang dapat menjawab berbagai perubahan yang cepat di Jakarta. Tantangan dan persoalan Jakarta saat ini berbeda dengan Jakarta tempo dulu.

Usni menambahkan, Jakarta ke depan akan menjadi Kota Ekonomi Global, tidak mudah bagi Ulama Jakarta tentunya untuk mengawangi Jakarta dengan nilai- nilai keislaman kalau keputusan MUSDA kali ini tidak melihat pada aspek Jakarta secara keseluruhan.

Sebagai Dosen Ilmu Politik di FISIP UMJ, selain rumusan kebijakan, Kepemimpinan Ulama menjadi faktor dominan dalam melaksanakan hasil kebijakan. Hal utama lainnya selain Ulama Yang berwawasan global, berpengalaman, mandiri dan menjadi perekat ummat. karakteristik Kebetawian juga harus diperhatikan dan menjadi kriteria utama dalam sosok Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta kali ini.

Selain itu Usni juga menambahkan, perlunya sosok ulama yang mampu menjawab perubahan zaman yang terus berkembang, hal ini diperlukan karena Jakarta ke depan akan menjadi kawasan bebas maka sosok mumpuni menjadi modal utama agar dapat menjaga nilai keislaman Jakarta meskipun perubahan terjadi. Kriteria ini sangat penting.

Sebagai pengampu mata kuliah Politik dan Perundangan, usni juga menilai perlunya ulama yang berwawasan global, mapan secara keilmuan dan ekonomi, mandiri dalam berbagai hal, agar kebijakan dan keputusan ulama tidak mudah diintervensi oleh berbagai kepentingan di Jakarta yang akan berdampak pada rusaknya nilai keislaman. *(UH/Ltf/LI)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *