JAKARTA | Jacindonews – Pada hari Rabu tanggal 20 Juli 2022 Bertempat di ruang aula lantai 2 Kantor Imigrasi Tangerang dalam rangka menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan pemangku tugas kehumasan dalam berkomunikasi dengan baik dan efektif, Kantor Imigrasi Tangerang mengadakan kegiatan yang sangat bermanfaat yaitu kegiatan Pelatihan Budaya Pelayanan Prima : “IMPROVE YOUR PUBLIC SPEAKING AND BE A GOOD SPEAKER.
 
Kegiatan Pelatihan Budaya Pelayanan Prima ini dibuka oleh Plt Kepala Kantor Imigrasi yang diwakilkan oleh ibu Rahmatun El Hassan, juga menghadirkan narasumber, tentunya sudah sangat berpengalaman dibidangnya. Kegiatan ini pun dihadiri oleh instansi yang berasal dari Sekretaris Daerah, Kejaksaan Negeri, Dandim Militer 0506 Kepolisian Pengadilan Negeri  sekitaran Tangerang Kota dan tentunya dihadiri pula oleh pegawai kehumasan di lingkungan Kantor Imigrasi Tangerang dan Pegawai dilingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Banten.
 
Apakah kita pernah merasa cemas tentang berbicara didepan umum? Apakah kita berharap dapat berkomunikasi  dengan percaya diri dalam situasi apa pun?. Berbicara di depan umum yang efektif tidak selalu datang secara alami. Banyak orang kesulitan berbicara di depan orang banyak.

Seorang humas berperan untuk mensosialisasikan seluruh program instansi khususnya secara tepat dan sederhana, sehingga program-program kerja dapat sampai dengan baik dan mengena pada masyarakat ditiap lapisan. Seorang humas juga berperan dalam membangun opini positif masyarakat terhadap instansi. Hal penting lain yang menjadi tugas seorang humas adalah mempromosikan program dan prestasi sehingga sampai pada masyarakat luas sebagai sasaran pelayanan.
 
Melalui kegiatan Pelatihan Budaya Pelayanan Prima : “IMPROVE YOUR PUBLIC SPEAKING AND BE A GOOD SPEAKER”,  Kemal Vivaveni Mochtar selaku narasumber adalah seorang aktor, penyiar radio dan presenter musik di televisi, mengajak para peserta untuk bisa meciptakan branding atau pencitraan bagi instansi nya, dengan Public speaking. Memang ini tidak mudah dan harus dilatih secara terus menerus karena tidak ada yang instan. Lebih lanjut seorang humas  adalah ujung tombak dimana kita akan dihadapkan pada kondisi yang tidak selalu ada di zona nyaman, disinilah kita belajar untuk bisa membalikan keadaan oleh karena itu komunikasi adalah kunci bagi kita. “Its not about public speaking but speaking skill karena dengan speaking skill kita dapat memutar  roda kehidupan menjadi lebih baik. Saat ini speaking skill adalah keharusan ” ujar kemal.

Menurut Ketua Yayasan Forum Komunikasi Antar Media (FORKAM) Harry Amiruddin memang benar setiap kali kami berkunjung ke Pelayanan Di Kantor Imigrasi klas I Non TPI Tangerang sudah semakin baik. Kami maupun masyarakat umum benar-benar merasakan dan melihat langsung ke lokasi kantor imigrasi tersebut.
Plt. Kepala Kantor Imigrasi Klas I Non TPI Tangerang Toto Suryanto sangat terbuka sama siapapun setiap ada permasalahan atau laporan dari masyarakat. Termasuk staf-stafnya yang lain diantaranya Rahmatun Najihah El Hasan Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Nopita Nurramasari Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian dan John Selvy Rolan Maturbongs Kepala Seksi Pelayanan dan Verifikasi Dokumen Perjalanan dan seluruh staf-staf yang lain tidak dapat saya sebut satu persatu semuanya berjibaku, gotong royong untuk melayani masyarakat dengan lebih baik di Kantor Imigrasi Klas I Tangerang.

Untuk kegiatan sosial juga Kantor Imigrasi Klas I Tangerang selalu sangat peduli seperti membantu masyarakat yang kurang mampu. Beberapa waktu yang lalu pada hari raya Idul Adha 1443 H,  Yayasan Forkam mendapat bantuan 1 (satu) ekor sapi dari Presiden RI Bapak H. Ir. Joko Widodo, Kantor Imigrasi Klas I Tangerang telah membantu dana operasional pemotongan hewan qurban tersebut.
Saya sebagai Ketua Yayasan Forum Komunikasi Antar Media (FORKAM) mengucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuannya sehingga dapat terlaksana pemotongan hewan qurban tersebut. Semoga Kantor Imigrasi Klas I Tangerang kedepan bisa lebih sukses dan dicintai masyarakat, tegas Harry Amiruddin. *(LI)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *