JAKARTA  | JacindoNews – Jumat, (14/10/2022), diadakan Pameran Florikultura yang bertaraf internasional. Acara diselenggarakan di Jakarta Convention Center Jum’at-Minggu, 14 – 16
Oktober 2022. Event tersebut diberi nama FLOII (Floriculture Indonesia International) CONVEX 2022.

Banyak peserta dari berbagai mancanegara berkesempatan
berpartisipasi pada pameran bergengsi ini. Salah satu peserta pameran adalah EXitplant.id, merupakan aplikasi untuk membantu pemasaran proses ekspor impor tanaman di Indonesia.

Rico Rusdiansyah, owner dari EXitplant.id, menjelaskan kepada media, Jumat (14/10/2022), bahwa platform yang dirinya buat sangat membantu ekosistem dalam kegiatan ekspor importanaman-tanaman di Indonesia. Rico juga menjelaskan bahwa sudah lebih 10 negara yang melakukan kolaborasi, koordinasi dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam kegiatan ekspor impor.

“Sejauh ini sih saya menjalani bisnisnya lebih ke sebagai eksportir tanaman hias. Sejauh ini sebagai pelaku bisnis, kegiatan ekspor sudah lebih dari 25 negara dari 4 tahun terakhir ini, kami sekarang membuat satu aplikasi atau platform baru yang fungsinya menjadi wadah untuk memfasilitasi eksportir yang tidak memiliki tanaman yang cukup banyak untuk diekspor dan petani yang memiliki tanaman yang cukup banyak tapi tidak bisa jualan gitu, ” jelasnya.

“Antara eksportir dan petani ini bisa berkolaborasi dalam satu ekosistem bisnis ini sehingga semua bisa dapat uang yang nyata. Di media sosial, follower kita sudah lebih dari 35.000,” ujarnya.

“Sekarang tugas untuk memperkenalkan aplikasi ini agar semua ekportir bisa lebih tahu informasi dan mendapatkan keuntungan yang lebih lagi. Ada berapa negara kita sudah punya jenis ekosistem tanaman yang sama. Kita sudah 10 negara, dari Eropa, Asia, Timur Tengah sampai di Amerika dan Kanada. Sampai saat ini ke sepuluh negara nanti kita berkolaborasi untuk mengenalkan produk tanaman. Untuk support logistiknya juga bisa terus tersedia untuk pasar, ” ujarnya.

“Kita harapkan karena baru soft launching, untuk komunitas platform ini jalan masuk tahun ke-5, dan launching platform baru di pameran ini, ” jelasnya.

“Kita juga terus berkolaborasi agar menciptakan regulasi bersama antar negara melalui aplikasi ini agar bisa terus memajukan dunia tanaman Indonesia dan melalui proses ekspor impor, bisa menambah income para eksportir dan petani tanaman hias di Indonesia, ” jelasnya. (JN).

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *