JAKARTA | Jacindonews – Lembaga Komunikasi Pemangku Adat Seluruh Indonesia (LKPASI) Menggelar Simposium Nasional dan Maklumat Raja, Sultan Datu, Penglingsir, Kepala Suku Marga, Pemangku Adat Seluruh Indonesia di Grand Cempaka Business Hotel Jakarta 19/5/22.

Dalam wawancara khusus dengan media jacindonews.com Sultan Paser mangatakan, Kehadiran kita sebagai Sultan Paser dan Kesultanan Paser khususnya di Ibu Kota Negara, di titik 0 kabupaten Penajam Paser Utara, Kami dari Kesultanan Paser berharap supaya dalam acara Simposium Nasional ini Kami memberi kepada para Sultan seluruh nusantara supaya mendukung terutama Ibu Kota Negara di daerah kami, tepatnya di Penajam Paser Utara. Dan kami mempunyai rencana dari Kesultanan Paser di buat miniatur Kesultanan seluruh Nusantara,”Ungkapnya.

Lebih lanjut Sultan Paser menambahkan, Kenapa kami dari kesultanan paser berharap seperti itu, Karena kami merangkul dari beberapa etnis seluruh Kesultanan Nusantara ini supaya tidak ada perbedaan, Kebhinekaan itu terbentuk dengan sendirinya mana kala dibuat miniatur Istana Kesultanan Nusantara di tempatnya Ibu Kota Nusantara Republik Indonesia nantinya.

“Kami berharap karena Ibu Kota Negara di daerah kawasan Kesultanan Paser. Dipelihara hutan adat kami yang ada di Paser terutama budaya kearifan lokal, Nama-nama desa, nama sungai dan seterusnya yang ada di rencana ibukota itu tetap terjaga dan tetap terpelihara”Harapnya.

“Kami dari Kesultanan Paser berharap supaya di perlakukan khusus, bagi warga kearifan lokal yang ada di penajam paser utara tepatnya di daerah kawasan Ibu kota negara itu, Karena bagaimanapun dengan diperlakukan khusus nanti kearifan lokal, budaya kami tetap terjaga.

Lebih jauh ditambahkan, Kami berharap supaya seluruh para-para kesultanan menerima tawaran kami supaya dibuat istana kesultanan masing-masing miniatur tadi. Kami berharap supaya ini di masukan di undang-undang IKN, minta dimasukan kedalam peraturan presiden supaya dibuat istana kesultanan seluruh nusantara, mempersatukan nusantara,”Pungkas
Aji Muhammad Jarnawi Jabatan Sultan Paser Bergelar Sri Paduka Mulya Sultan Muhammad Alamsyah 3. *(LI)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *