KALBAR | Jacindonews – Koarmada I, KRI Sembilang-850 Unsur BKO Guspurla Koarmada I dalam operasi alur arnawa-22, melaksanakan SAR dan Evakuasi KLM Maju Indah, di Perairan Selatan Pulau Gelam, Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat. Selasa (12/72022).

“KRI Sembilang-850 melaksanakan SAR KLM Maju Indah pada posisi 03° 23′ 00″ S – 110° 07′ 00″ T di perairan selatan Pulau. Gelam Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat dalam keadaan selamat dan diadakan pertolongan pertama serta perawatan dan melaksanakan evakuasi terhadap korban menuju Pelabuhan Ketapang untuk dilaksanakan serah terima dengan Lanal Ketapang Kalimantan Barat untuk perawatan lebih lanjut,”  KLM Maju Indah dengan Nahkoda Atas Nama Jefri, jumlah ABK 8 orang, tujuan Gresik-Pontianak, bermuatan Pupuk dolomik dan kelontongan,  tenggelam diakibatkan oleh cuaca buruk”, ujar Komandan Gugus Tempur Laut Koarmada I, Laksma H. Krisno Utomo, PSC (J)., MA., MMS., CHRMP.

Lebih lanjut Laksda TNI Arsyad Abdullah menegaskan bahwa kesiapan Prajurit Koarmada I dan jajarannya selain dalam rangka penegakkan kedaulatan dan hukum di laut juga untuk menjamin keselamatan dan keamanan para pengguna laut termasuk kegiatan SAR seperti ini.

“Upaya penyelamatan ini sebagai implementasi pelaksanaan perintah pimpinan TNI AL, KASAL, Laksamana TNI Yudo Margono yang selalu menekankan kepada jajaran TNI AL agar memanfaatkan dan melibatkan segala potensi yang dimiliki baik personel maupun alutsista untuk kegiatan-kegiatan kemanusiaan seperti penanggulangan bencana dan SAR,” pungkas Pangkoarmada I

(Dispen Koarmada I/LI)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *