JAKARTA, Jacindonews – Kepergian ketua umum Bamus Betawi Almarhum H. Lulung, Bamus Betawi selaku pengayom ormas-ormas kebetawian dibawahnya saat ini kehilangan nakoda. Karena posisi ketua umum dalam sebuah organisasi sangat signifikan. Walaupun sesungguhnya itu bisa dilakukan oleh para wakil ketua umum guna menjalankan roda organisasi.

Untuk mengisi kekosongan ketua umum, sebagaimana diatur dalam AD ART maka Bamus Betawi harus segera melaksanakan Musyawarah Besar Luar Biasa (MUBESLUB) untuk mengangkat dan menetapkan ketua umum pengganti almarhum H. Lulung untuk melanjutkan masa bhakti 2018-2023.

Terkait dengan maksud tersebut Bamus Betawi adalakan Silaturahmi dan Konsolidasi guna menampung berbagai masukan, pendapat dan usulan guna perbaikan organisasi Bamus Betawi.

Acara pertemuan ringan dan santai tersebut yang dipimpin oleh Plt Ketua Umum H. Riano dan Sekjen Syarif Hidayatullah, berjalan lancar, cair dan guyub.

“Kite nyantai aje. Kagak usah tegang-tegang. Karena acara pertemuan hari ini hanya silaturahmi aje” ungkap H. Riano, Jum’at (11/02/2022)

Karena sebelumnya sempat beredar kabar adanya mosi tidak percaya dari pimpinan ormas-ormas pendukung Bamus Betawi terhadap Sekretaris Jenderal Bamus Betawi H. Syarif Hidayatullah.

Dalam sambutan singkatnya, Eki Pitung selaku wakil ketua umum Bamus Betawi juga menyampaikan keinginannya agar Bamus Betawi segera melakukan Mubeslub guna menetapkan ketua umum penggantu almarhum H. Lulung.

“Kite semue kudu kompak. Jangan sampe jadi terpecah. Kite malu ame etnis lain. Soal nyang mau jadi nanti siape yang penting dari internal pengurus dan peduli ame betawi” kata Eki Pitung

“Dan kite harus tunduk dan patuh pada konstitusi dalam hal ini amanat AD ART Bamus Betawi” Eki Pitung menegaskan.

Acara yang dihadiri oleh badan pengurus harian dan para pimpinan ormas pendukung Bamus Betawi, nampak hadir pula para pimpinan badan-badan otonom seperti Panglima Laskar Adat Betawi Damin Sada.

Selain sepakat untuk segera menggelar MUBESLUB, forum silaturahmi ini juga menghasilkan beberapa usulan. Diantaranya segera dilakukan PAW (Pergantian Antar Waktu) akibat pengurus dan pemangku jabatan tersebut telah meninggal dunia.

Namun hingga berita ini diturunkan belum ada kepastian kapan dan dimana MUBESLUB akan dilaksanakan.

Diketahui sebelumnya bahwa forum silaturahmi ormas betawi dibawah pimpinan Herman Yahya juga telah menggelar silaturahmi sesama pimpinan ormas pendukung Bamus Betawi pada hari Sabtu 5 Februari 2022 dibilangan Kemayoran Jakarta Pusat.

Adapun hasil dari pertemuan forum silaturahmi ormas pendukung Bamus Betawi menghasilkan kesimpulan bahwa ormas pendukung Bamus Betawi sekaligus pemegang kedaulatan sesuai AD ART meminta agar segera dilakukan MUBESLUB. (LI)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *