JAKARTA | Jacindonews – Senin (08/07/2024). Pilkada serentak segera berlangsung pasca pilpres yang baru saja berlalu. Tak terkecuali Jakarta sebagai etalase Indonesia.

Beberapa nama mencuat diberbagai media sebagai bakal calon gubernur Jakarta. Sebut saja mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Basuki Tjahaya Purnama serta Ridwan Kamil yang juga sukses memimpin di provinsi Jawa Barat.

Saat diminta pendapatnya tentang Pilkada Jakarta, salah satu putra Betawi Jalih Pitoeng berharap agar putra asli daerah untuk terlibat dalam kontestasi pilkada Jakarta. Terlebih ketika Jakarta tidak lagi menjadi ibukota negara.

Ketua umum Yayasan Perjuangan Rakyat Jalih Pitoeng ini jauh sebelumnya sudah menyampaikan keinginannya agar tanah Betawi ini dipimpin oleh putra daerah asli Betawi.

Menurutnya, Marullah Matali merupakan salah satu sosok putra terbaik Betawi yang memiliki kepantasan dan kelayakan untuk memimpin Jakarta.

“Bang aji Marullah Matali adalah salah satu putra Betawi yang memiliki kapasitas dan feasibilatas yang cukup mumpuni untuk memimpin Jakarta” ungkap Jalih Pitoeng saat dihubungi, Minggu (07/07/2024).

“Disamping beliau memiliki pengalaman sebagai sekretaris daerah DKI Jakarta pada masa kepemimpinan Anies Baswedan, kita juga wajib hukumnya melihat secara historis bagaimana tanah Betawi ini diperjuangkan hingga hingga Indonesia dimerdekakan” sambungnya.

“Oleh karena itu sebuah kewajaran dan kepantasan bahkan kewajiban adanya peran penting putra Betawi dalam memimpin kota ini. Terlebih Jakarta sudah tidak menjadi ibukota” pinta Jalih Pitoeng.

Masih menurut Jalih Pitoeng, sudah sepantasnya warga Jakarta khususnya warga Betawi untuk mendukung ketua Majelis Kaum Betawi Marullah Matali.

Sejalan dengan harapan Jalih Pitoeng, Bamus Suku Betawi 1982 sudah mengumumkan hasil konsultasi para sesepuh Betawi tentang 6 nama yang disodorkan dalam rangka sukseskan pilkada Jakarta 2024 mendatang.

Adapun nama-nama yang diusulkan sebagai bakal calon gubernur dan atau wakil gubernur tersebut diantaranya adalah; Marullah Matali, Luthfi Hakim, Zainuddin, Dailami Firdaus dan Mohamad Ikhsan.

Usulan nama-nama tersebut secara resmi disampaikan pada acara yang mengusung tema ‘Suku Betawi Menyongsong Sukses Pilkada Jakarta 2024’ yang digelar oleh Bamus Suku Betawi 82 di hotel Tavia Heritage Cempaka Putih, Jakarta Pusat pada Minggu (07/07/2024).

Mengingat mekanisme pencalonan calon gubernur dan wakil gubernur diusung oleh partai politik, Jalih Pitoeng juga mengingatkan sekaligus meminta partai politik untuk mempertimbangkan usulan Bamus Suku Betawi 82 tersebut.

“Oleh karena itu kita minta kepada para partai pengusung untuk mempertimbangkan secara khusus tentang usulan Bamus Suku Betawi 82” pinta Jalih Pitoeng.

“Dan kita ingatkan bahwa Betawi itu punya 3 juta jiwa atau ekuivalen denga 27 persen dari total penduduk Jakarta. Sebuah angka yang patut diperhitungkan” pungkas Jalih Pitoeng. (Ril/).

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *