Jakarta | Jacindonews – Menjelang beberapa jam menuju pergantian tahun 2021 ke 2022, Kepolisian Negara Republik Indonesia terus bekerja keras dalam menjaga stabilitas dan keamanan di wilayah NKRI. Hal ini diwujudkan dan dibuktikan dengan beberapa prestasi yang bisa diberi jempol yang telah dilakukan oleh POLRI sepanjang tahun 2021. Ditengah harus menghadapi pandemi yang masih belum menentu kapan berhentinya, POLRI terus bahu-membahu menjaga stabilitas pengamanan warga dan wilayah NKRI.

Era Police 4.0.

Hal tersebut menjadi salah satu bahan dalam pemaparan oleh POLRI memasuki akhir tahun 2021. Jumat (31/12/2021), pukul. 19.30 wib, bertempat di Ruang Lobi Gedung Bareskrim Mabes Polri, jalan Trunojoyo, JakartaJakarta Selatan, Kepolisian Negara Republik Indonesia mengadakan acara “Rilis Akhir Tahun 2021.” Adapun acara tersebut adalah pemaparan kinerja secara transparansi dan akuntabilitas yang sudah dicapai oleh POLRI selama tahun 2021.

Suasana Rilis Akhir Tahun 2021 di Mabes Polri dengan Onsite dan Online, Jumat (31/12/2021) malam.

Acara dimulai dengan menyanyikan bersama Lagu kebangsaan Indonesia Raya disertai pembacaan doa.

Irjen. Pol. (Purn).Dr. Benny Josua Mamoto, S.H., M.Si.,Sekretaris Komisi Kepolisian Nasional membuka paparan dari KOMPOLNAS. “Kita bersyukur atas apa diberikan kepada kita untuk berbakti kepada bangsa dan negara.”

Irjen. Pol. (Purn).Dr. Benny Josua Mamoto, S.H., M.Si.

“Penguatan Kerjasama Organisasi dalam rangka Pengawasan Kinerja Polri dilakukan dengan mengadakan MoU ke 12 Kementerian Lembaga dan Komisi Negara serta pihak-pihak lain. Kompolnas Meningkatkan kerjasama dan sinergi dengan pengawas Eksternal lainnya agar pengawasan berjalan efektif dan efisien,” papar Benny saat mewakili menjelaskan kinerja dari Kompolnas selama tahun 2021.

Paparan kemudian disampaikan oleh Kapolri, Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Kapolri, Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, saat memaparkan Rilis Akhir Tahun 2021 Kepolisian Republik Indonesia.

” Transformasi struktur dengan penguatan organisasi, baik dalam Satuan Kerja Mabes Polri maupun Satwil Jajaran serta melakukan restrukturisasi khusus harkamtibmas bagi beberapa polsek tertentu.”

“Untuk Pencapaian Pengelolaan Instansi Pemerintah, Polri sudah melakukan beberapa hal, dengan penguatan di tubuh satuan tugas Polri. “

“Ada 4 Road Map Transformasi yang sudah dan sedang dilakukan oleh Polri, yaitu Transformasi Organisasi, Transformasi Operasional, Transformasi Pelayanan Publik dan transformasi Pengawasan.”

Road Map Transformasi dalam tubuh Polri.

“Untuk Program Prioritas Kapolri, ada 14 Program yang kita akan jalani, antara lain :

  1. Penataan Kelembagaan.
  2. Perubahan Sistem dan Metode Organisasi.
  3. Menjadikan SDM Polri yang unggul di Era Police 4.0.
  4. Perubahan Teknologi Kepolisian Modern di Era Police 4.0.
  5. Pemantapan Kinerja Pemeliharaan Kamtibmas.
  6. Peningkatan Kinerja Penegak Hukum.
  7. Pemantapan dukungan Polri dalam penanganan Covid-19.
  8. Pemulihan Ekonomi Nasional.
  9. Menjamin Keamanan Program Prioritas Nasional.
  10. Penguatan Penanganan Konflik Sosial.
  11. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Polri.
  12. Mewujudkan pelayanan publik Polri yang terintegritasi.
  13. Pemantapan Komunikasi Publik.
  14. Pengawasan Pimpinan dalam setiap Kegiatan.
  15. Penguatan Fungsi Pengawasan.
  16. Pengawasan oleh Masyarakat Pencari Keadilan (Public Complaint).
Harapan Polri memasuki tahun 2022.

“Capaian Polri ditahun 2022 merupakan Tahap II Transformasi Menuju Polri yang Presisi akan terus dilakukan evaluasi setiap triwulan oleh Posko Presisi. “

“Terima Kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh Masyarakat Indonesia, TNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Pemangku Kepentingan Terkait, dan segenap elemen Bangsa atas dukungan dan kerjasamanya sehingga situasi kamtibmas dapat senantiasa terjaga selama tahun 2021,” ujar Kapolri menutup Rilis Akhir Tahun 2021. (JN).

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *